Sabtu, 18 Maret 2017

Pola Makan dan Minum untuk Diet bagian 1

Seringkali sobat yang menjalani diet, taunya hanya mengurangi jatah makan atau menahan lapar, serta olahraga. Namun ketika telah menjalaninya, biasanya sobat sering bertanya sendiri, sudah nahan-nahan lapar bahkan sudah rajin berolahraga, kenapa ga turun-turun juga ya. 

Sebenarnya yang dilakukan sobat sudah hampir benar, yaitu dengan olahraga, namun makanan merupakan kunci utama bagi sobat yang sedang menjalani program diet. Tentu dengan pola makan dan minum yang benar, akan membantu metabolisme tubuh sobat bekerja dengan efektif dalam menjalani program diet.

Nah, pola makan dan minum seperti apakah yang perlu sobat terapkan? Pada dasarnya penerapan pola makan dan minum tentu sesuai dengan kemampuan dan waktu masing-masing individu. Intinya:
  • Dalam sehari, berapa kali sobat harus makan berat? sebenarnya, 3x sehari adalah paling ideal, pagi, siang dan malam, bagaimana dengan ngemil makanan ringan, tentu diperbolehkan bs 2-3 kali dalam sehari dengan adanya jeda waktu setelah makan berat. Tentu sobat akan bertanya, kalau begitu sama saja dong dengan makan normal? terus apa yang dikurangi? sebenarnya yang dikurangi dalam makan itu bukan mengurangi jatah makannya, tetapi mengurangi kalori pada makanan yang sobat makan. 
  • Setelah menentukan berapa kali sobat harus makan berat dan makan ringan, yang tidak kalah pentingnya adalah pengaturan waktu makannya, diusahakan teratur setiap harinya dan khusus makan berat dianjurkan sesuai waktu pada umumnya. Kenapa begitu? Karena dengan pola waktu makan yang teratur memungkinkan metabolisme tubuh kita bekerja dengan normal.
  • Minumlah air putih 1.5 liter - 3 liter perhari (bergantung berdasarkan aktifitas dan usia). Karena dapat membantu tingkat metabolisme dalam tubuh.
Jika sobat sudah dapat mengatur pola makan dengan baik, secara otomatis metabolisme tubuh sobat akan lebih baik dalam membakar lemak yang ada di dalam tubuh sobat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar